Review ASUS Zenfone 4 Max, Powerbank dengan Harga Terjangkau

Bersamaan dengan peluncuran ZenFone 4 Selfie kemarin, ASUS juga memperkenalkan seri ZenFone 4 terbaru yang lain yaitu Zenfone 4 Max ZC520KL.

asus zenfone4selfie 01

Demi menjangkau segmentasi pasar yang lebih luas lagi, ASUS menghadirkan adik dari Zenfone 4 Max Pro ZC554KL yang dinamai Zenfone 4 Max ZC520KL. Tidak mengusung nama Pro bukan berarti smartphone ini tidak bagus, hanya saja spesifikasinya dibuat lebih compact dibawah Zenfone 4 Max Pro ZC554KL.

Secara keseluruhan Zenfone 4 Max ini hampir sama dengan pendahulunya yaitu Zenfone 4 Max Pro, namun GameQQ akan memberikan perbedaan yang tidak terlalu signifikan agar kamu tidak pusing membedakannya.

zenfone4max 01

Baterai dan Fitur Pendukungnya

Walaupun tidak ber-slogan "We Love Photo & Energy" lagi, ZenFone 4 Max tetap memiliki kapasitas baterai yang dapat menemani kamu bermain game lebih lama dari smartphone dengan harga yang sejajar.

Dengan slogan baru "We Going Further" ZenFone 4 Max mampu bertahan hingga 37 hari saat dalam kondisi standby di jaringan 4G, sedangkan jika digunakan untuk berkomunikasi suara lewat jaringan berbasis 3G, baterainya mampu bertahan hingga 31 jam. 

Untuk kamu penikmat musik, baterainya dapat bertahan untuk memutar musik selama 101 jam non stop. Sementara untuk web browsing dengan jaringan Wi-Fi, smartphone ini dapat bertahan selama 21 jam. Selain itu dengan kapasitas baterai 4.100 mAh, ZenFone 4 Max ini dapat menemani kamu bermain game hingga 5 jam non stop dengan aplikasi social media yang aktif.

Sama seperti kakaknya ZenFone 4 Max Pro, ZenFone 4 Max ini pun dilengkapi dengan Fitur Reverse Charging dan fitur-fitur pendukung lainnya seperti Power Management yang dimiliki kakaknya.

zenfone4max 02

Dengan kata lain, semua fitur pendukung kehematan baterai yang ada pada ZenFone 4 Max Pro  juga ditemukan di ZenFone 4 Max ini, namun kapasitas baterai yang ASUS tawarkan menjadi 4.100 mAh.

Tetap Dual Kamera dengan Fungsi Berbeda

Selain fitur yang sama dengan ZenFone 4 Max Pro, ZenFone 4 Max juga dibekali dengan dual kamera yang disematkan pada bagian belakang. Namun pada ZenFone 4 Max, walaupun memiliki aperture yang sama 2.0, namun hanya memiliki pixel yang lebih kecil yaitu 13 MP. Sedangkan untuk kamera belakang yang difungsikan untuk pemotretan wide/lebar, tetap memiliki pixel yang sama yaitu 5 MP serta wide angel yang sama 120o.

asus zenfone4max review 04

Kamera Selfie yang Juga Memiliki Mode Beauty

Walau sama-sama memiliki fitur memperindah diri atau fitur Beautification mode / Beauty mode dan juga LED Softlight, pixel yang ditawarkan pada ZenFone 4 Max mengalami penurunan menjadi 8 MP dibandingkan dengan kakaknya yang memiliki 16 MP. Namun dengan 8 MP, kami rasa sudah cukup untuk sekedar ber-selfie ria atau melakukan sebuah aktifitas Live Broadcasting yang didukung dengan Beautyfication Mode.

asus zenfone4max review 05

Tetap Premium dengan Body Metal

Selain di disain dengan kecanggihan dan bentuk yang sama dengan ZenFone 4 Max Pro, ZenFone 4 Max ini juga memiliki tiga pilihan warna (Deepsea Black, Sunlight Gold, dan Rose Pink), yang membuat Zenfone 4 Max dapat menjadi smartphone siapa saja, mulai dari pria yang maskulin berkat kerhadiran warna Deepsea Black-nya, ataupun menjadi pilihan wanita yang feminim dengan kehadiran warna Rose pink. Pembaca sidik jarinya pun diletakan sempurna ditempat yang sama dengan ZenFone 4 Max Pro yang nyaman untuk jari kita dan juga sekaligus berfungsi sebagai touch untuk ke menu home. Juga dapat menyimpan hingga 5 sidik jari sekaligus dan sensor ini tetap dapat membaca sidik jari walaupun kamu meletakan jari dalam posisi apapun.

asus zenfone4max review 02

Performa Tetap Mumpuni dengan Quad-core CPU

Penurunan yang signifikan terjadi disegi ini, dimana kakaknya yang sudah mengusung kekuatan Octa-core, namun adiknya si ZenFone 4 Max hanya memiliki kekuatan Quad-core CPU 64-bit dengan Qualcomm Snapdragon 425 yang sudah embeded dengan GPU Adreno 308, namun kami rasa penurunan ini tidak terlampau cukup jauh dimana clock speed nya tetap di rentang yang sama yaitu 1.4 Ghz, ditambah lagi beberapa game belakangan ini juga tidak akan memakan semua core untuk memproses datanya, jadi memiliki Quad-core dirasa sudah cukup memenuhi standar.

zenfone4max 04

Selain itu dengan tenaga RAM 3 GB dan kapasitas penyimpanan internal sebesar 32 GB juga tidak akan berpengaruh besar dengan penurunan jumlah core ini. Jika dirasa kurang, kamu bisa menambahkan kapasitas eksternal ZenFone 4 Max ini hingga 256 GB dengan slot tersendiri yang tidak memumbalkan satu SIM slot.

asus zenfone4max review 03

Untuk sisi Operating Systemnya, ZenFone 4 Max ini pun tetap mengusung Android terkini yaitu Nougat versi 7.1.1 yang juga dapat diupdate ke Android Oreo nantinya jika sudah stabil. Selain itu juga dilengkapi dengan ZenUI 4.0 yang makin ciamik.

Layar Makin Asik untuk Kegiatan Multimedia

Pada ukuran layar, ZenFone 4 Max ini juga mengalami penurunan ukuran namun tidak pada resolusi yang tetap HD (1280 x 720). Dengan ukuran yang lebih kecil sedikit dari kakaknya, yaitu 5.2 Inci membuat gambar jadi lebih jernih karena memiliki 282 ppi density, sedangkan pada layar kakaknya hanya 267 ppi density. 

asus zenfone4max review 01

Kesimpulan

Meski hadir dengan spesifikasi dibawah kakanya si ZenFone 4 Max Pro, namun tidak membuat ZenFone 4 Max menjadi tidak diperlukan dipasaran, malahan ZenFone 4 Max ZC520KL yang dibanderol dengan harga 2,2 jutaan rupiah ini menjadi primadona dilakangan gamers dengan dana yang pas-pasan yang hanya sanggup beli mie goreng instant di Warnet atau iCafe.

zenfone4max 05

Spesifikasi Teknis

Berikut ini spesifikasi teknis ASUS ZenFone 4 Max ZC520KL:

Model

ZenFone 4 Max (ZC520KL)

Design

2.5D contoured coring gorilla glass display with metal unibody & multiple colour selections

Display, Resolution

5.2-inch HD IPS display (1280 x 720), Front 2.5D curved glass display, Bluelight filter for eye care, capacitive touch panel with 10 points multi-touch

SoC Processor

CPU

Qualcomm Snapdragon 425 Mobile Platform with 64-bit Quad-core Processor

GPU

Qualcomm Adreno 308

Memory

RAM / Storage

3GB RAM, 32GB storage, 100GB Google Drive (free 1 year)

Camera System

Front

Camera

 

8 megapixels, 24mm equivalent focal length in 35mm film camera, 85° field of view, Softlight LED flash

Rear Camera

(main)

 

13 megapixels, F/2.0 aperture, 25mm   equivalent focal length in 35mm film camera, 80° field of view, 0.03 seconds phase detection auto-focus, LED flash, Instant cameras switching

Rear Camera

 (wide-angle)

 

120° wide-angle camera, 200% wider view for more friends and scenery on frame, 17.9mm equivalent focal length in 35mm film camera

Camera feature

Front Camera:

Beauty, Auto (with HDR features), Selfie Panorama, GIF Animation

Rear Camera:

Beauty, Auto (with low light and HDR features), Pro, Super Resolution (52 megapixels), GIF Animation, Panorama, Time Lapse (with power saving), 9 various filters

Wireless

WLAN 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.2, Wi-Fi direct

Connectivity

Slot 1: 2G/3G/4G Nano SIM Card, Slot 2: 2G/3G/4G Nano SIM Card

Both SIM card slots support 3G WCDMA / 4G LTE network band. But only one SIM card can connect to 4G LTE service at a time.

LTE Cat4: UL 50 / DL 150Mbps, DC-HSPA+: UL 5.76 / DL 42Mbps, FDD-LTE (Bands 1, 3, 5, 7, 8, 20), TD-LTE (Band 40), WCDMA (Bands 1, 5, 8)

SIM /SD slot

Triple Slot: Dual SIM slot and one MicroSD card slot, MicroSD up to 256GB

GPS

GPS, AGPS, GLONASS

OS

Android 7.1.1 Nougat with ZenUI 4.0

Battery

4.100mAh capacity with fast charging, ASUS PowerMaster technology, 2x longer battery lifespan, Power bank mode for 2x faster reverse charging (1A), up to 37 days 4G standby, up to 31 hours 3G talk time, up to 101 hours music playback, up to 21 hours Wi-Fi web browsing

Audio / Microphone

Loud Speaker with PMIC internal amplifier, Audio CODEC integrated into PMIC,

Dual internal microphones with ASUS Noise Reduction Technology, FM Radio Receiver

Size / weight

150.5 x 73.3 x 8.73mm / 156 gram

Color

Deepsea Black, Sunlight Gold, Rose Pink

Harga  Rp.2.299.000