Review ASUS Zenfone Max Pro M1, Smartphone Terjangkau untuk Gamers

Zenfone Max Pro M1 telah hadir pada bulan April 2018 kemarin, dan berikut ini ulasan singkat dari GameQQ tentang Zenfone Max Pro M1.

review asus max pro m1 01

Design Zenfone Max Pro M1

Pada seri Max Pro di Zenfone 4 yang lalu, sensor fingerprint diletakan dibagian depan yang juga berfungsi sebagai tombol home, namun pada Max Pro keluaran terbaru dengan embel-embel M1 ini, sensor fingerprint dipindahkan kebagian belakang, yang membuat letak sensor fingerprint menjadi mainstreem.

Lubang Audio 3,5mm yang biasanya kita temukan pada bagian atas juga ikutan berpindah posisi menjadi ke bawah bersama-sama lubang Micro USB untuk charger dan perpindahan data, juga Mic serta Speaker.

review asus max pro m1 04

Tombol yang biasa ada pada bagian depan yang berfungsi untuk Back, Home, dan Menu juga dihilangkan pada Zenfone Max Pro M1 ini dengan tujuan untuk meminimalisir ukuran body smartphone agar tidak menjadi besar karena menggunakan Full-view Display selebar 6 inci, namun kamu tetap bisa menggunakan tombol virtual yang muncul di layar pada bagian bawah.

Soal posisi dan penempatan Kamera juga berubah di Zenfone Max Pro M1, dibandingkan dengan Max Pro pada Zenfone 4 yang posisinya Horizontal, kini berubah menjadi Vertikal yang diikuti dengan LED Flashlight nya berada di bagian bawah Kamera.

review asus max pro m1 02

Display Zenfone Max Pro M1

Untuk ukuran layar bisa dibilang Zenfone Max Pro M1 oke punya, karena dengan body ramping, ASUS memberikan layar sebesar 6 inci dengan fitur Full-view Display yang beraspek rasio 18:9 dengan resolusi yang tidak main-main yaitu 2160x1080 pixel.

Selain itu Layar juga didisan dengan 2,5D curve glass, dengan kecerahan Layar sampai dengan 450 nits, serta contrast ratio 1500:1.

review asus max pro m1 03

Specification Zenfone Max Pro M1

ASUS tidak tanggung-tanggung memberikan spesifikasi untuk Zenfone Max Pro M1 ini, SoC Qualcomm Snapdragon 636 dengan arsitektur Kryo 260 yang dapat meningkatkan performa sebesar 40% dibandingkan dengan arsitektur ARM Cortex-A53.

Pada segi Grafis atau GPU, Snapdragon 636 memberikan Adreno 509 yang akan memproses game-game berat kamu jadi terasa lebih ringan untuk dimainkan.

Untuk keperluan Multitasking, ASUS memberikan beragam pilihan kapasitas RAM dan ROM untuk Zenfone Max Pro M1 ini, yang paling kecil adalah 3GB/32GB, 4GB/64GB, dan 6GB/64GB.

Kamera belakang yang disematkan ke Zenfone Max Pro M1 ini sudah sebesar 13 MP, namun untuk versi RAM 6GB kamu bisa mendapatkan Kamera belakang sebesar 16MP. Kamera belakang yang kedua tidak terlalu besar soal ukuran pixel nya, karena menurut ASUS 5MP sangat cukup untuk kamera belakang kedua yang digunakan untuk menciptakan efek Bokeh.

review asus max pro m1 06

Soal Kamera depan yang biasa digunakan untuk Sefie, ASUS memberikan 8MP untuk versi RAM yang paling kecil, namun jika merasa kurang apik, kamu bisa membeli versi RAM 6GB untuk mendapatkan Kamera depan sebesar 16MP. Sama seperti bagian belakang, Kamera depannya pun sudah dilengkapi dengan Softlight LED Flash.

Urusan Operating System, sudah pasti diberikan yang terbaru yaitu Android Oreo 8.1, namun dengan UI bawaan dan tidak menggunakan ZenUI.

Baterainya pun sudah tergolong cukup untuk menemani kamu bermain game seharian, dimana ASUS memberikan 5.000 mAh untuk Zenfone Max Pro M1 ini yang bisa terisi penuh sekitar 2 jam dari kondisi kosong dengan charger bawaan 10W yang dimilikinya.

review asus max pro m1 05

Benchmark Zenfone Max Pro M1

Kami juga sempat melakukan test benchmark untuk melihat seberapa besar peningkatan performa dari Snapdragon 625 ke Snapdragon 636 dengan smartphone selain Zenfone Max Pro M1 dengan kisaran harga yang relatif sama. Setelah hasilnya keluar, peningkatan performa yang didapatkan mencapai 33% dibanding merk lain dengan harga yang relatif sama.

 review asus max pro m1 07

Test Game AOV di Zenfone Max Pro M1

Tidak asik rasanya jika tidak melakukan test pada sisi gaming. Zenfone Max Pro M1 terbilang sangat lancar untuk memainkan Arena of Valor dengan settingan grafis yang tinggi. Tidak ditemukan adanya hambatan pergerakan seperti lagging yang biasanya ditemukan jika spesifikasi kurang mampuni.

 

Video Review Zenfone Max Pro M1

 

Conclusion, Pros and Cons

Menurut GameQQ, kehadiran ASUS Zenfone Max Pro M1 adalah suatu hal yang diharapkan oleh para gamers dengan budget menengah kebawah. Dimana para gamers tersebut memimpikan sebuah performa smartphone yang mampuni untuk bermain game berat, daya tahan baterai yang tangguh, namun tidak terlalu dalam pada saat merogoh kantong mereka. Karena hanya dengan 2 Jutaan rupiah saja, mereka sudah bisa membawa pulang ASUS Zenfone Max Pro M1 ini dengan RAM 3GB dan Storage 32GB.

Pros:

  • Harga terjangkau untuk para gamers.
  • Spesifikasi mewah untuk kelas menengah kebawah.
  • Varian RAM dan Storage beragam.
  • Triple Slot (SIM 1, SIM 2, dan MicroSD).
  • Kapasitas baterai cocok untuk gamers.

Cons:

  • Belum menggunakan body metal.
  • UI Standar, pengguna ZenUI perlu adaptasi.
  • Aplikasi keren bawaan ASUS jadi hilang.
  • Face unlock kurang responsif saat kondisi kurang cahaya.