Review ASUS Zenfone 5, Lahir Kembali dengan Teknologi Terkini

ASUS hadirkan kembali ZenFone 5 dengan spesifikasi yang lebih canggih daripada sebelumnya yang sekaligus merilis seri lanjutan dari ZenFone di Indonesia.

Setelah seri ZenFone 4 sukses dipasaran, kali ini ASUS menghadirkan ZenFone 5 ZE620KL dengan peningkatan hardware terkini. Seperti yang kita tahu, ASUS pernah merilis ZenFone 5 A501CG pada tahun 2015 yang lalu dengan SoC Intel Atom nya dan laku keras di pasaran. Ingin meneruskan perilisan seri ZenFone di Indonesia, nampaknya ASUS tetap memakai nama ZenFone 5 untuk merilis smartphone unggulannya di tahun 2018 ini dengan slogan #backto5.

review asus zenfone5 01

 

ZenFone 5 Berdesain Elegan dengan Bezel-less

Untuk seri ZenFone 5 terbaru ini, ASUS nampaknya tidak main-main, mereka hadirkan ZenFone 5 dengan disain yang sangat ciamik dengan body berbahan alluminium aloy yang dilapisi kaca nano molding technology (NMT) pada bagian belakang.

review asus zenfone5 03

Luas penampang layarnya juga cukup lebar yakni mencapai 6.2 inci, namun dikemas dalam body ramping mirip smartphone berukuran layar 5,5 inci. Berbeda dengan smartphone yang mengusung full view disaplay lain, ZenFone 5 ZE620KL ini mempunyai aspek rasio 19:9 dengan screen to body rasio 90 persen yang membuat smartphone ini terlihat tidak memiliki Bezel sama sekali, ditambah dengan notch diatasnya yang menambah keindahan.

review asus zenfone5 02

Semenjak kehadiran smartphone full view display ini, ASUS tidak lagi menggunakan tombol kapatitif yang biasanya berada di bagian bawah yang berfungsi intuk Back, Home, dan Menu, semuanya tergantikan dengan tombol virtual yang ada di layar.

Layar ZenFone 5 ZE620KL ini beresolusi Full HD+ yakni 2.246 x 1.080 piksel, dan memiliki empat sisi pinggir layar yang dibuat lebih melengkung dengan radius yang lebih lebar mengikuti disain body keempat ujung sisinya. Selain itu Layar ZenFone 5 ZE620KL ini juga memiliki kecerahan hingga 550 nits, mempunyai Auto Color Temprature, hingga dilindungi dengan Corning Gorilla Glass.

review asus zenfone5 06

Untuk lubang jack audio 3,5 mm juga akhir-akhir ini berada di bagian bawah ditemani lubang speaker, lubang mic, dan lubang usb type-c untuk ZenFone 5 ZE620KL ini. Pada sisi atasnya hanya terdapat lubang mic. Pada sisi samping kanan terdapat tombol Volume dan Power serta pada sisi samping kiri terdapat slot untuk SIM Card dan MicroSD, sayangnya di ZenFone 5 ZE620KL ini kamu harus mengorbankan slot SIM 2 kamu jika ingin menggunakan MicroSD.

review asus zenfone5 11

 

Beragam Teknologi AI di ZenFone 5

ASUS membekali Artificial Intelegent (AI) pada beragam fitur yang ada di ZenFone 5 ZE620KL, mulai dari Kamera, Baterai, Performa, hingga Ringtone.

review asus zenfone5 12

Kehadiran AI pada Kamera ZenFone 5 ZE620KL sangat membantu sekali dalam peningkatan kualitas fotografi agar lebih baik, seperti misalnya dapat dengan sendirinya memilih hingga 16 skenario momen ataupun objek pemotretan secara pintar berkat dukungan dari AI Scene Detection.

review asus zenfone5 13

Untuk masalah performa baterai, kamu tidak perlu khawatir lagi, karena ASUS telah membekali ZenFone 5 ZE620KL ini dengan AI Charging yang akan mengatur kualitas pengisian baterai berdasarkan kebiasaan kamu dalam melakukan pengisian baterai.

review asus zenfone5 15

Dari segi performance, ASUS juga membekali AI didalamnya yang dinamakan dengan AI Boost untuk mengoptimalisasi performa CPU ZenFone 5 ZE620KL agar lebih baik.

review asus zenfone5 14

Selain itu volume suara Ringtone saat kamu menerima telepon juga dapat diatur oleh AI, dimana AI Ringtone akan mengatur volume ringtone ZenFone 5 ZE620KL berdasarkan suara di lingkungan sekitar agar tetap terdengar oleh kamu namun tidak berisik saat kondisi sekitar sedang sepi.

 

Spesifikasi ZenFone 5 yang Mutakhir

review asus zenfone5 09

Untuk mendapatkan performa yaang bagus tentunya harus didukung dengan spesifikasi yang mutakhir. ZenFone 5 ZE620KL ini sudah dibekali dengan SoC Qualcomm Snapdragon 636 dengan arsitektur Kryo 260 yang dapat meningkatkan performa sebesar 40% dibandingkan dengan arsitektur ARM Cortex-A53.

Selain itu, ZenFone 5 ZE620KL ini juga pasti mampu melibas game-game yang terbaru saat ini dengan ringan dan tanpa lag sedikitpun berkat Adreno 509 yang dibawanya (kecuali kalau koneksi internet kamu buruk).

Installasi berbagai aplikasi social media dan game di ZenFone 5 ZE620KL ini pun jadi terasa nyaman, karena dibekali dengan RAM LPDDR4 4GB dan Internal Storage eMCP sebesar 64GB

review asus zenfone5 04

Kamera belakang utama sebesar 12 MP yang disematkan kedalam ZenFone 5 ZE620KL ini juga memiliki hasil yang bagus dengan sensor Sony IMX 363, yang sudah lebih dari cukup dengan bukaan F/1.8 untuk pengguna yang hobi mengambil gambar.

Lalu pada kamera belakang kedua sebesar 8MP yang menggunakan sensor OV8856, berfungsi untuk mengambil gambar dengan latar yang lebih lebar 200% dari pengambilan kamera biasa.

review asus zenfone5 05

Sedangkan untuk kamera depan, ASUS memberikan ZenFone 5 ZE620KL ini kamera depan sebesar 8 MP yang menggunakan sensor OV8856, dengan fitur Beauty Mode dan 140o selfie panorama, namun nampaknya tidak ditemukan LED flash di dekat kamera depan, setelah kami mencoba menggunakan flash, ternyata LED flash digantikan dengan layar ZenFone 5 ZE620KL yang berubah menjadi warna putih (Screen Flash).

review asus zenfone5 16

Kehadiran sensor NFC pada beragam sensor yang dimiliki ZenFone 5 ZE620KL menambah kesempurnaan smartphone ini, dimana berbagai fitur menarik bisa dicoba dengan NFC ini, misalnya untuk cek saldo uang elektronik yang ada di kartu kamu tanpa harus mencari mesin reader nya di mini market. Selain NFC, beragam sensor yang dimiliki ZenFone 5 ZE620KL ini adalah: Accelerator, E-Compass, Proximity, Ambient light, Gyroscope, RGB sensor, Fingerprint dan Face unlock.

Baterai yang disematkan pada ZenFone 5 ZE620KL sayangnya hanya 3.300 mAh, lebih rendah jauh ketimbang smartphone limit less gaming dengan SoC yang sama yaitu ZenFone Max Pro M1 yang mempunyai baterai 5.000 mAh. Hal baiknya adalah, ZenFone 5 ZE620KL ini lebih cepat diisi ulang, lebih ringan dan juga dibekali dengan AI Charging dan support dengan charger 18W untuk pengisian yang lebih cepat.

review asus zenfone5 10

Yang terakhir pada bagian ini adalah Operating System, ZenFone 5 ZE620KL sebagai smartphone terkini saat ini tentunya sudah menggunakan Android O atau Android Oreo, dengan tambahan ZenUI 5.0 dan dapat di-upgrade ke Android P.

 

Benchmark ZenFone 5 ZE620KL

Pada sesi Benchmark ZenFone 5 ZE620KL, GameQQ mencoba untuk membedakan score yang didapat oleh aplikasi Benchmark AnTuTu, dimana salah satu percobaannya menggunakan AI Boost yang dikatakan mampu meningkatkan performa yang siginifikan.

review asus zenfone5 21
Hasil Benchmark AnTuTu, tanpa AI Boost (kiri), dengan AI Boost (kanan)

Setelah GameQQ mencoba dan mendapatkan score dari kedua test tersebut, mendapati peningkatan score yang tidak terlalu jauh, hanya meningkat sekitar 10% pada ZenFone 5 ZE620KL ini.

 

Test Game di ZenFone 5 ZE620KL

Garena AOV

review asus zenfone5 17

Pada saat GameQQ mencoba memainkan Arena of Valor di ZenFone 5 ZE620KL ada sedikit permasalahan pada UI AOV dimana terdapat sedikit jarak/gap yang berada pada sisi kiri dan kanan seperti yang nampak pada gambar diatas dan dibawah, namun pada sisi performa tidak berpengaruh karena masih mendapatkan full 60 FPS pada setting High Frame Rate dengan Grafis rata kanan. Pada gambar bagian bawah juga ada jarak/gap pada sisi kiri mini map dan sisi kanan tombol panah.

review asus zenfone5 18

PUBG Mobile

review asus zenfone5 19

Percobaan kedua, GameQQ memainkan game PUBG Mobile dengan setting High Frame Rate dan Grafis Balance (otomatis disesuaikan oleh game), pada saat memainkan tidak timbul kendala yang berarti, seperti nampak pada gambar yang kami ambil tidak ada jarak/gap pada kiri dan kanan UI PUBG Mobile, semua tampak full menyentuh sisi layar kecuali notch yang dibuat menghilang alias hanya dibatasi sampai bawah notch. Sayangnya pada game PUBG Mobile ini tidak ada tampilan Frame Rate yang didapatkan, jadi kami hanya mengira-ngira saja bahwa pada saat memainkan game ini kami mendapati gerakan yang mulus namun kadang sedikit lagging yang jika diibaratkan mungkin mendapatkan 40-60 FPS.

review asus zenfone5 20

Kesimpulan

Semenjak kehadiran ZenFone 3 ZE552KL, jujur saja GameQQ juga mendambakan kehadiran penerusnya pada seri ZenFone dengan kamera yang menggunakan sensor Sony IMX363. Akhirnya setelah ZenFone 4 tidak hadir di Indonesia (hanya hadir seri Max Pro dan Max) ASUS menghadirkan ZenFone 5 ZE620KL untuk mengobati kerinduan akan seri ZenFone.

Berbekal SoC canggih dan RAM serta Internal Storage diatas rata-rata, menurut saya, ZenFone 5 ZE620KL sangat cocok untuk gamers yang juga membutuhkan kamera pada saat bekerja atau jalan-jalan. Dimana saya bisa mengabadikan momen-momen berharga dengan kamera canggih serta juga bisa asik disaat bermain game kelas berat. Untuk membelinya pun tidak perlu menunggu 2 kali THR bila memilih smartphone lain dengan awalan huruf S.

Kelebihan:

  • Kamera canggih dengan hasil memuaskan.
  • Spesifikasi mewah dengan harga ramah.
  • AI pada kamera sangat membantu memilih scene dengan cepat.
  • Charging lebih cepat dengan charger 18W yang dijual terpisah.

Kekurangan:

  • Baterai hanya 3.300 mAh, perlu sedia power bank jika dibawa jalan-jalan seharian.
  • Slot USB Type-C nya kadang membuat jengkel jika lupa membawa kabel sendiri.
  • Harus pilih menggunakan SIM 2 atau MicroSD, karena tidak disediakan 3 slot.
  • Bagian belakang yang terbuat dari kaca sangat licin jika berada di meja, atau tangan yang basah.